Minggu, 11 Mei 2008

awal mula menanam kelapa bonsai

"klabon"
(kelapa Bonsai)
Sekitar tahun 1998, saya membaca sebuah tabloid tanaman di tetangga saya. Waktu itu saya sangat terkejut ketika membaca sebuah rubrik yang mewawancarai seseorang yang secara iseng merawat tanaman kelapa dalam sebuah pot, yang mana pada waktu itu terjual dengan harga 1,5 juta.
Setelah itu, saya mencoba (iseng2) ikut-ikutan menanam kelapa di dalam pot, kebetulan di kebun belakang rumah ada beberapa pohon kelapa hibrida.
Belajar dari nol, dan memperhatikan bagaimana tanaman kelapa ini tumbuh, satu per satu dapat saya pahami bagaimana cara membuat tanaman ini menjadi "cantik". Banyak dari percobaan saya yang gagal, namun dari kegagalan itu, justru saya dapat menarik kesimpulan yang berguna di kemudian harinya.
Hari demi hari, saya menambah terus jumlah koleksi saya, sampai kira2 ada 80 buah bibit yang saya tanam. Ada sekitar 10% yang mati untuk beberapa eksperimen. Namun terus saya mencoba untuk mendapatkan sesuatu yang belum saya ketahui.
Mulai dari pembibitan, jenis media, persiapan awal pembentukan, proses pembentukan, sampai menemukan formula pembunuh hama yang efektif dan murah sudah saya lakukan. masih banyak kekurangan, namun saya tidak berhenti sampai sekarang.
Pada akhirnya, saya mendapatkan suatu kesenangan tersendiri dengan memiliki dan merawat tanaman ini, walaupun secara ekonomis belum begitu terasa manfaatnya. Namun bagi saya itu adalah tujuan sekunder saya dari awal. Tujuan utama saya menanam kelapa dalam pot ini adalah saya bisa membuang stress, rasa capek, menuangkan kreasi. Ya, walaupun belum begitu sempurna sesuai bentuk yang saya inginkan, namun ada juga yang sempat melirik tanaman saya dan membawanya pulang. Yah, lumayan, disamping hobby, dapat membantu ekonomi keluarga.
Foto : Jenis kelapa hibrida (warna dahan orange), tinggi batang 5cm diameter 5cm, umur 8 tahun.
Salam,

4 komentar:

asiandataservice mengatakan...

Terima kasih atas informasi nya yang sangat berguna.

Boleh meminta referensi yang bisa saya hubungi sekiranya saya ingin memesan Bonsai kelapa ?

thx

admin mengatakan...

blognyA bagus mas Rustam...he2...

Aang mengatakan...

Wah .,.slm knal mas, aang neh d bandung, sy jg suka bonsai kelapa sjk th 1990...alhmdlh dah dpt nikmatin jg hasil nya, btw dah punya yg "aneh" nya blm? Sy ada yg albino,cabang 2 dan kembar 2 lho....

Freekopi mengatakan...

Coffee bonsai ? 🙌